Sharing Session dan Update Usaha di Tengah Pandemi

blog umum

Pandemi COVID 19 di tahun ini benar-benar memukul sektor dunia usaha. Pandemi berangsur-angsur membuat dunia usaha mengalami penurunan kinerja. Hal ini seperti yang dialami oleh usaha yang digawangi oleh Tim Bisnis yang didampingi oleh Growth Hub UNNES.

Untuk benar-benar mengetahui secara pasti, Tim Growth Hub mengadakan sharing session untuk mengetahui kondisi riil yang terjadi dan seberapa parah dampaknya.

Pada 16 September 2020, berlangsung acara Sharing Session & Update Usaha yang diikuti oleh 9 tim mahasiswa yang mempunyai usaha. Sebagai start up, lingkup pasar dan core bisnis yang dimiliki mungkin belum begitu kuat dan stabil.

Opsi untuk memperluas jaringan dan pasar pun sepertinya terkendala untuk dilakukan mengingat adanya pandemi yang menghambat perekonomian di banyak sektor dengan berbagai protokol yang harus dilalui. Belum lagi beberapa dampak sistemik lainnya. Pendapatan Masyarakat turun dan daya beli juga turun.

Beberapa diantara pelaku bisnis di Growth Hub UNNES mengalami dinamika bisnis yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Hal ini tentu juga berdampak serius pada income bisnis. Bahkan ada yang tidak mendapatkan income sama sekali, tetapi di sisi lain ada juga yang banting stir (PIVOT).

Melalui kegiatan Sharing Session, Tim Growth Hub melakukan upaya pendampingan bagi wirausaha muda dan sekaligus berusaha menjaga motivasi usaha agar tidak terjadi demotivasi dan juga sebagai sarana sharing pengalaman dari para pendamping wirausaha agar para pengusaha muda di bawah binaan Growth Hub bisa menghadapi pandemi ini dan bangkit menjadi lebih maju.

Hal penting dalam menghadapi kondisi ekonomi yang belum menentu ini adalah harus kreatif dan inovatif.

Inovasi adalah kunci. Ketika kondisi berubah, people will also change.  We as start up could not be stagnant, we also have to move!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *